News

Lisa Rumbewas Peraih 3 Medali Olimpiade Angkat Besi Meninggal Dunia

Lisa Raema Rumbewas

MAGENTA -- Kabar duka menyelimuti dunia olahraga Indonesia. Atlet angkat besi kebanggaan tanah air, Lisa Raema Rumbewas, dikabarkan meninggal dunia pada Minggu 14 Januari 2024 dini hari WIT di RSUD Jayapura.

"Telah berpulang dengan tenang teman seperjuangan, Olympian (atlet yang bertanding di Olimpiade)Angkat Besi peraih medali (Olimpiade 2000 Sydney PERAK ,2004 Athens PERAK, 2008 Beijing PERUNGGU) Lisa Raema Rumbewas  OLY*.  Dini hari 14 Januari 2024 di RS. Japayapura Papua. Semoga almarhumah diterima disisinya. Aamiinn," tulis pelatih angkat besi Dirdja Rahardja di laman media sosial miliknya.

Atlet berdarah Papua tersebut telah semasa aktif sebagai lifter telah berhasil mempersembahkan tiga medali Olimpiade untuk Indonesia. Wanita kelahiran 10 September 1980 itu menjalani debut di pentas olahraga terbesar di dunia itu pada Olimpiade Sydney 2000. Ia menorehkan medali perak ketika tampil di kelas 48kg.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Piala Asia 2023: Pulih dari Cedera, Asnawi Siap Main Lawan Irak Besok

Empat tahun berselang pada Olimpiade Athena 2004, Lisa menorehkan prestasi lagi untuk Indonesia. Lisa yang turun di kelas 53 kg mempersembahkan perak. Medali ketiga anak dari pasangan Levi Rumbewas dan Ida Korwa itu diraih di ajang Olimpiade Beijing 2008. Lisa meraih perunggu.

Raihan medali tersebut mencatatkan nama Lisa menjadi salah satu atlet terbaik Indonesia di ajang Olimpiade saat itu. Catatannya kemudian dikalahkan lifter putra Eko Yuli Irawan pada Olimpiade Tokyo 2020 dengan total empat medali.

Lifter berusia 43 tahun tersebut juga tercatat pernah menjadi runner-up Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2006. Prestasi lainnya ditorehkan pada ajang Asian Games 2002 dengan menyabet medali perak.

BACA JUGA: Rivalitas Sudah Hilang, Cristiano Ronaldo Minta Fan tidak Benci Messi