News

Rayakan Cap Go Meh 2024, Kebun Raya Bogor Hadirkan Showcase Barongsai dan Naga

Kebun Raya Bogor. Foto: ANTARA/Arif Firmansyah

MAGENTA -- Dalam rangka perayaan Cap Go Meh pada 24 Februari 2024, Kebun Raya Bogor menawarkan promo Spesial Februari Cap Gomeh bagi pengunjung Kebun Raya Bogor. Di antaranya kegiatan Showcase Barongsai & Naga, dan Promo Kuliner Lontong Cap Go Meh yang ada di Resto Secret Garden dan Resto raasaa.

Selain Promo Spesial Februari Cap Go Meh, beberapa area di dalam Kebun Raya Bogor di dekorasi dengan suasana Imlek yaitu lampu lampion dan ornamennya, juga ada beberapa staf di bagian pelayanan publik mengenakan topi cheongsam khas Hari Raya Imlek.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Promo Spesial Februari Cap Go Meh, Showcase Barongsai & Naga akan dilaksanakan pada 25 Februari 2024 pukul 09.00-10.00 WIB. Sedangkan promo kuliner Lontong Cap Go Meh akan dilaksanakan pada 23-25 Februari 2024, dengan jam yang berbeda. Di Resto Secret Garden pada pukul 07.00-12.00 WIB, sementara di Resto raasaa pada pukul 08.00-20.00 WIB.

BACA JUGA: Perayaan Imlek: Dilarang Soeharto, Dibolehkan Gus Dur, dan Diliburkan Megawati

Promo ini ditujukan untuk pengunjung Kebun Raya Bogor yang datang pada saat weekend, seperti keluarga dan pasangan. "Kami mengharapkan pengunjung bisa naik hingga 50 persen," ujar Sales and Marketing Manager Susi Suparlina.

Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan Showcase Barongsai & Naga cukup membeli tiket Kebun Raya Bogor baik secara online maupun offline, sedangkan untuk Lontong Cap Go Meh harga di Resto Secret Garden Rp 35.000 dan di Resto raasaa Rp 50.000.

Showcase Barongsai dan Naga ini akan ditampilkan oleh tim dari Grup Kesenian Barongsai Bogor Indonesia (GKB Bogor Indonesia). Grup kesenian ini berdiri sejak tahun 2000. Pada penampilannya di Kebun Raya Bogor, setidaknya ada 40 orang personil yang akan terlibat.

BACA JUGA: Benarkah Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati Keturunan Tionghoa?

Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kota Bogor, Jemmy Charter mengatakan Barongsai dan Liong itu mengajarkan kita tentang semangat hidup, kejujuran, dan keberanian dalam menghadapi setiap permasalahan. Ia menjelaskan mereka akan menampilkan cerita naga bermain di atas awan dan singa (barongsai) bermain di dalam hutan.

Barongsai itu hewan yang menyerupai singa yang di mainkan oleh dua orang. Dan naga adalah sosok ular raksasa yang melambangkan kewibawaan dan kekuatan.

"Yang pasti banyak atraksi atraksi yang bakal kami pertunjukan di hadapan bapak/ibu. Barongsai ada gerakan seperti binatang yang lincah dan melompat-lompat yang di mainkan oleh dua orang. Liong/Naga gerakan meliuk-liuk dan atraksi yang memukau dari pada pemain," ujar Jemmy.

BACA JUGA: Doa Agar Utang Segera Lunas

Grup kesenian ini sudah pernah tampil dibeberapa kota, di antaranya untuk di tahun ini kita pertunjukan/perform di Jabodetabek, Kerawang, Bandung, Banten, dan di luar Pulau Jawa. Grup kesenian ini memiliki berbagai prestasi yang sudah di raih.Salah satunya Juara Harapan 1 Dunia pada pertandingan Kejuaraan Dunia Ke 3 di Kenjeran Park, Surabaya 2006 kategori Liong/Naga.

 

BACA JUGA: Sholat Tahajud Paling Utama Jam Berapa? Ini Bacaan Niat, Doa, dan Istighfarnya