Khazanah

Haji 2024: Doa Masuk Kota Makkah

Kabah di Makkah. Makkah mempunyai sejumlah keutamaan menurut Islam. Foto:Republika/Fuji Eka Permana

MAGENTA -- Kuota haji Indonesia tahun 2024 menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan ibadah haji Indonesia.

Totalnya mencapai 241 ribu kuota haji. Ini terdiri dari 213.320 jamaah haji reguler dan 27.680 jamaah haji khusus.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Merupakan impian setiap Muslim untuk menunaikan ibadah haji. Apalagi, haji bisa dibilang adalah perjalanan sekali seumur hidup.

BACA JUGA: Cerita Gubernur Ali Sadikin Naik Haji dan Sholat di Dalam Ka'bah

Allah mewajibkan Muslim yang mampu untuk menunaikannya satu kali dalam hidupnya. Setiap umat Islam yang akan menunaikan haji atau umroh akan memasuki Kota Makkah karena di sinilah letak Ka'bah di Masjidil Haram.

Jamaah dianjurkan membaca doa ketika akan memasuki Kota Makkah Al Mukarramah. Berikut ini doa masuk Kota Makkah, dikutip dari Kumpulan Doa Sehari-hari Kementerian Agama.

Doa Masuk Kota Makkah

????????? ???????????? ?????????? ????????? ???????? ???????? ?????????? ?????????? ????? ???????? ??????????? ???? ????????? ?????? ???????? ????????? ????????????? ???? ????????????? ???????? ?????????

Allaahumma haadzaa haroomuka wa amnuka faharrim lahmii wa damii wasya’rii wabasyarii ‘alannaari wa aaminnii min ‘azaabika yauma tab’atsu ‘ibaadaka waj’alnii min auliyaa ika wa ahli thoo ‘atika

Artinya:

"Yaa Allah, kota ini adalah tanah haram-Mu dan tempat yang aman. maka hindarkan daging, darah, rambut, kuku, bulu dan kulitku dari neraka. Amankanlah aku dari siksa-Mu. Masukanlah aku kedalam golongan wali-Mu dan ahli taat pada-Mu."

BACA JUGA: Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel