Tips

Tips Mengolah Sayuran dengan Benar, Usahakan Memasak Sayuran untuk Sekali Makan

Pedagang sayuran di pasar. Memasak sayuran sebaiknya dengan cara direbus atau dikukus dibanding digoreng atau ditumis. Foto: Republika/Prayogi

MAGENTA -- Asupan sayur sangat penting bagi tubuh. Banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi sayuran. Kamu yang doyan sayur, bersyukurlah! Manfaat sayuran untuk tubuh adalah baik untuk kesehatan kulit, mengurangi risiko penyakit jantung, dan membantu mengatasi Inflamasi.

Selain itu, sayuran juga bisa mendukung kesehatan mata, baik untuk gula darah, mengontrol tekanan darah, tinggi akan serat, mengurangi risiko kanker, memperkuat tulang, dan menjaga otak tetap tajam. Namun demikian, tidak semua jenis sayuran bisa langsung dimakan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lagi pula, tidak semua orang cocok makan sayuran mentah. Sebab, respon kekebalan tubuh masing-masing orang berbeda. Oleh sebab itu, pilihan memasak sayur menjadi alternatif selanjutnya. Kemudian, bagaimana memasak sayur yang benar agar kandungan nutrisinya tetap terjaga?

BACA JUGA: Doa Agar Utang Segera Lunas

Sayur-sayuran memiliki sifat dan karakteristik masing-masing, sehingga cara mengolahnya berbeda-beda. Ada sayuran yang membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Tetapi, tidak sedikit sayuran yang justru dianjurkan untuk diolah sebentar saja.

Sebab, beberapa jenis sayuran akan kehilangan kandungan nutrisi bila diolah terlalu lama. Untuk itu, hindari memasak sayur terlalu matang karena kandungan vitaminnya cepat rusak dalam proses pemanasan. Selain itu, juga agar warna dan rasa sayuran tetap bagus.

Memasak sayuran sebaiknya dengan cara direbus atau dikukus dibanding digoreng atau ditumis. Tujuannya untuk menghindari kandungan minyak pada makanan. Sebab, minyak tidak baik untuk tubuh. Mengolah sayuran dengan cara digoreng justru bisa menggantikan fitonutrien dengan kalori.

BACA JUGA: Tips Memilih Daging Sapi, Ayam, dan Kambing yang Baik dan Berkualitas

Berikut beberapa cara memasak sayuran yang menyehatkan dikutip dari buku Khasiat Buah Sayur Tumpas Segala Penyakit oleh Anggi Swastika.

• Sayuran yang akan dimasak atau diolah terlebih dulu dicuci dengan air bersih mengalir. Setelah itu, sayuran dipotong-potong sesuai selera.

• Usahakan memasak sayuran untuk sekali makan. Hal itu bertujuan untuk menghindari adanya pemanasan ulang. Memasak sayur sebaiknya dengan suhu minmum.

• Jika sayuran akan direbus, sebaiknya sayuran dimasukkan setelah air mulai mendidih dan masaklah sesingkat mungkin. Ada tips khusus untuk memasak dengan merebus. Pertama, biarkan air mendidih selama sekitar 2 menit sampai oksigen berkurang. Sebab, oksigen dalam air bisa menyebabkan vitamin C dalam sayur menguap. Kedua, jangan pernah merebus langsung sayur yang ditaruh dalam air dingin. Sebab, hal itu akan mengurangi kadar vitamin C sekitar so sampai 12 kali lipat.

• Selama merebus sayur, sebaiknya panci dibuka tutupnya secara bergantian. Perebusan dilakukan sebentar saja agar sayur tidak terlalu lunak dan warnanya tidak pudar.

BACA JUGA: Cegah Heatstroke, Ini Tips Aman Bekerja di Luar Ruangan Saat Cuaca Panas

• Jika sayuran akan dikukus, sebaiknya gunakan waktu yang tidak terlalu lama agar tidak merusak kandungan nutrisinya. Mengukus sayuran merupakan cara terbaik untuk memasak segala jenis sayuran. Cara seperti ini baik untuk mempertahan kan nutrisi dan mematangkan sayur dalam waktu singkat.

• Jika sayur ingin ditumis, gunakan waktu secukupnya. Ini merupakan salah satu cara memasak sayur menggunakan sedikit minyak sayur. Untuk itu, menumis sayur juga perlu hati-hati agar tidak banyak merusak nutrisi dalam sayur.

• Sayuran juga bisa dimasak tanpa air. Metode ini baik untuk sayur-sayuran berdaun hijau. Memasak sayur dengan cara ini membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit.

• Sayur juga bisa dengan cara dipresto. Memang, cara ini be lum banyak dilakukan. Memasak sayur dengan tekanan tinggi akan menyingkat waktu memasak sehingga bisa menjaga nutrisi yang terdapat di dalamnya. Memasak sayur dengan cara ini kalau bisa jangan dilakukan jika tidak tahu caranya.

BACA JUGA: Tips Agar Hobi Bisa Jadi Bisnis yang Menguntungkan