Tips

Ini 10 Kebiasaan Sehari-hari Orang Sukses, Sanggup Nggak Ngikutinnya?

Ilustrasi meraih kesuksesan. Foto: Republika/Mardiah

MAGENTA -- Sukses menjadi impian tiap individu. Sukses adalah hal yang sangat membanggakan sekaligus menggembirakan. Tidak sulit untuk meraih kesuksesan dengan cara hidup disiplin dimulai dari hal-hal yang sepele. Namun, sukses menjadi sulit tercapai jika kamu lebih suka 'rebahan' ketimbang berdisiplin diri.

Dari kebiasaan kecil sehari-hari yang dilakukan sudah bisa terlihat apakah kamu individu yang akan suskes suatu hari nanti, ataukah kamu hanya pemimpi sukses. Berikut tips meraih sukses yang dikutip dari entrepreneur.com, Sabtu (20/1/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sepuluh kebiasaan sehari-hari orang sukses

1. Menetapkan tujuan yang jelas

Tanpa tujuan yang jelas, kesuksesan akan sulit tercapai. Orang-orang sukses teliti dalam menetapkan tujuan yang tepat. Ketelitian dapat memandu tindakan dan keputusan dengan cepat dan tepat.

Keputusan yang diambil bukanlah keinginan yang samar-samar, melainkan sasaran-sasaran yang terdefinisi dengan baik yang memberikan arah dan mempertahankan fokusnya.

2. Mencari kejelasan

Orang-orang sukses tidak membiarkan hidup mereka begitu saja. Mereka sengaja mencari kejelasan tentang siapa diri mereka, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana mencapainya. Hal ini melibatkan refleksi diri secara teratur, sebuah praktik penting yang membuat mereka tetap membumi.

Brendon Burchard, penulis 'High Performance Habits,' menekankan, "Kejelasan bukanlah sesuatu yang muncul dengan sendirinya. Kejelasan memerlukan refleksi." Melalui introspeksi, mereka memahami secara mendalam nilai-nilai, aspirasi, dan tujuannya.

3. Berorientasi pada hasil

Sejatinya kegagalan dan kemunduran tidak bisa dihindari oleh tiap individu dalam perjalanan hidupnya. Mereka yang sukses tidak memikirkan kegagalannya. Mereka memahami bahwa 'menangisi susu yang tumpah' tidak menghasilkan apa-apa. Sebaliknya, mereka cepat beradaptasi, berputar, dan terus bergerak maju.

4. Cepat mengambil tindakan

Orang-orang sukses tidak menunggu inspirasi atau kesempatan sempurna untuk mencapai kesuksesan. Mereka sangat percaya pada kekuatan tindakan. Seperti yang dikatakan dengan bijak oleh Tony Robbins, "Jalan menuju kesuksesan adalah dengan mengambil tindakan yang besar dan penuh tekad."

Mereka memahami bahwa langkah pertama, sekecil apapun, seringkali merupakan langkah yang paling penting. Dengan mengambil tindakan secara konsisten, mereka mengumpulkan pengetahuan dan pengalaman, sehingga mendorong mereka lebih dekat ke tujuan mereka.

 

 5. Merangkul kesuksesan jangka panjang

Kepuasan instan memang menggoda, tetapi orang-orang sukses mengetahui itu tidak berguna. Mereka menolak godaan yang tidak sehat, mempertahankan hubungan monogami, atau menabung untuk masa depan. mereka mempraktikkan kepuasan yang tertunda.

Kebiasaan ini membutuhkan disiplin dan fokus pada kesuksesan jangka panjang. Ini tidak mudah, namun merupakan bagian tak terpisahkan dari perjalanan mereka.

BACA JUGA: Pernah Ditanya Soal Perbedaan Waktu Hari Raya, Ini Jawaban Buya Hamka

6. Pembelajaran berkelanjutan

Belajar adalah perjalanan abadi bagi individu yang sangat sukses. Mereka adalah pembelajar kehidupan yang tiada henti, terus menerus memperoleh keterampilan baru atau mengasah keterampilan yang sudah ada.

Mereka memahami bahwa pengetahuan adalah kekuatan dan untuk tetap relevan di dunia yang berubah dengan cepat, diperlukan pembelajaran yang berkelanjutan. Baik itu membaca, mengikuti kursus, atau mencari mentor, mereka mengutamakan pendidikan.

7. Refleksi diri

Mengulangi kesalahan yang sama akan menghambat kemajuan. Orang-orang sukses menyadari jebakan tersebut. Mereka menyadari ketidaksempurnaan mereka dan meluangkan waktu untuk memahami keadaan mereka dengan lebih baik.

Melalui refleksi diri, mereka mengidentifikasi bidang-bidang yang memerlukan perbaikan dan mengembangkan strategi untuk tumbuh dan berkembang.

8. Memantau kemajuan tiap hari

Orang-orang sukses secara rutin menilai kemajuan mereka tiap hari. Hal ini membantu mereka tetap pada jalurnya, membuat penyesuaian yang diperlukan, dan mempertahankan fokus pada tujuan mereka.

9. Suka membaca

Membaca adalah pintu gerbang menuju pengetahuan dan wawasan. Banyak orang sukses dikenal sebagai pembaca yang rakus.

Melalui buku, mereka mengakses banyak informasi, pengalaman, dan perspektif di luar jangkauan mereka sendiri. Membaca menjadi ritual sehari-hari, mengisi pikiran mereka dengan inspirasi dan kebijaksanaan.

Selanjutnya, berani mengatakan...

10. Berani mengatakan "tidak"

Orang-orang sukses berani untuk mengatakan "tidak" bila diperlukan. Mereka memahami preferensi mereka dan merasa nyaman untuk menolak komitmen yang dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental mereka.

Kebiasaan ini berasal dari kesadaran diri dan sangat penting untuk menjaga kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Demikian 10 kebiasaan orang-orang sukses dalam menjalani kehidupannya sehari-sehari. Mereka menerapkan 'ritual-ritual' tersebut dengan disiplin untuk menuju kesuksesan.