Tips

Cara Hilangkan Keriput dengan Nanas, Pisang, Madu, dan Minyak Kelapa

Nanas sangat baik untuk melenyapkan keriput di kulit wajah. Foto: Republika/Putra M. Akbar

MAGENTA -- Keriput adalah salah satu kondisi penuaan kulit yang tidak bisa dihindari. Bertambahnya usia membuat kulit menjadi lebih tipis dan elastisitasnya menurun, sehingga sulit untuk melindungi diri dari kerusakan. Dengan begitu, kerutan, lipatan, dan garis-garis tipis pada kulit terlihat.

Selain karena usia lanjut, keriput juga bisa datang lebih cepat sebelum usia seseorang menjadi tua. Hal ini disebabkan oleh tingginya stres, tingkat polusi, perokok, pencemaran lingkungan, stres, pancaran sinar matahari, radikal bebas, dan sinar ultraviolet.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Secara garis besar, kondisi penuaan kulit terbagi menjadi dua, yakni intrinsik dan ekstrinsik. Penuaan instrinsik menyebabkan kulit tipis dan halus, kering, kerutan halus, garis ekspresi lebih dalam, kulit kendur dan dapat ditemukan tumor jinak.

BACA JUGA: Cara Meracik Daun Salam Sebagai Obat Diabetes, Asam Urat, dan Radang Lambung

Sedangkan penuaan ekstrinsik dapat menyebabkan kulit menebal dan kasar, kulit kering, kerutan lebih dalam dan nyata, bercak pigmentasi tidak teratur, pelebaran pembuluh darah, dan dapat timbul lesi tumor jinak ataupun prekanker.

Dinukil dari buku 1001 Tip Sehat oleh Lucia Priandarini, terbitan TransMedia 2010, keriput bisa diobati dengan nanas, pisang, minyak kelapa, dan madu. Berikut cara menggunakannya.

1. Nanas

Buah kaya vitamin C ini sangat baik untuk melenyapkan keriput di kulit wajah. Kamu tinggal mengupas kulit luarnya, lalu bagian daging buah yang terangkat beserta kulitnya dioleskan ke permukaan wajah yang bermasalah. Misalnya di sekitar mulut atau di bawah dan di sekitar mata.

Biarkan cairan tipis nanas tersebut mengering di wajah selama 20 menit, setelah itu basuh dengan air hangat atau air dingin.

BACA JUGA: Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya

2. Pisang

Buah ini bisa dijadikan krim antikeriput. Caranya, lumatkan satu atau dua buah pisang hingga hancur dan lembut menyerupai krim. Balurkan krim pisang terssbut ke seluruh permukaan wajah.

Biarkan hingga 30 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Tepuk-tepuk kulit wajah dengan lembut, jangan sekali-kali mengusapnya hingga kering.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa murni juga mampu mengangkat kulit kering yang menimbulkan keriput. Caranya, balurkan minyak kelapa hangat ke permukaan wajah.

Lakukan proses ini sebanyak yang kamu butuhkan untuk mempertahankan kekencangan kulit wajah.

BACA JUGA: Pernah Dengar Daun Binahong? Ternyata Bisa Mengobati Jerawat, Eksim, dan Diabetes

4. Madu

Balurkan sedikit madu ke wajah, dan biarkan selama 25-30 menit. Setelah itu basuh wajah dengan menggunakan air hangat, lalu segarkan dengan es batu yang di usapkan ke seluruh kulit wajah.

Pastikan es tersebut membasuh tempat-tempat yang dibaluri madu. Yang perlu diingat sebelum melakukan penanganan ini, wajah sebaiknya dibasuh terlebih dulu dengan air hangat-hangat kuku. Sehingga, manfaat madu menjadi lebih efektif karena pori-pori kulit wajah dalam keadaan terbuka.

Semoga tips ini bermanfaat, selamat mencoba.

BACA JUGA: Daun Kumis Kucing untuk Obat Kencing Batu, Infeksi Saluran Kemih, dan Keputihan