News

Menhan Slovakia Terkesan dengan Pindad, Ingin Kerja Sama Teknologi

Menhan Slovakia Robert Kalinak menjajal senjata api laras panjang buatan PT Pindad di Bandung, Rabu (9/10/2024). Foto: Pindad
Menhan Slovakia Robert Kalinak menjajal senjata api laras panjang buatan PT Pindad di Bandung, Rabu (9/10/2024). Foto: Pindad

MAGENTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Slovakia Robert Kalinak mengaku terkesan dengan portofolio Pindad yang sangat luas, serta kemampuan produksi Pindad mulai dari produksi senjata hingga kendaraan 8x8.

Pujian tersebut disampaikan Kalinak saat mengunjungi fasilitas produksi PT Pindad Bandung, Rabu (9/10/2024). Ia datang didampingi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Slovakia Tomas Ferko dan jajaran delegasi Slovakia.

“Kami terkesan dengan kinerja Pindad. Bukanlah hal mudah untuk mempertahankan kualitas terhadap banyaknya produk yang dihasilkan. Artileri berat, tank, kendaraan khusus merupakan aspek yang harus terus dikembangkan teknologinya," kata Kalinak yang juga menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Slovakia dikutip dari pindad.com.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Robert Kalinak menambahkan, industri pertahanan merupakan hal yang krusial di masa ini. Industri pertahanan merupakan ‘tulang punggung’ bagi tiap tentara nasional.

BACA JUGA: Delapan Perwira Tinggi TNI AL Terima Brevet Kehormatan Kopaska

Ia juga menegaskan semoga kedepannya ada kerja sama untuk transfer teknologi hubungan baik antara Indonesia melalui Pindad dengan industri pertahanan Slovakia terus menjalin hubungan baik.

"Kami berharap dapat menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan Indonesia dan dapat berharap dapat melakukan transfer teknologi serta bertukar informasi sehingga munculnya ide-ide gabungan untuk meningkatkan kemampuan bersama,” katanya.

Menurut Direktur Keuangan, Managemen Risiko dan SDM PT Pindad, Kemal Sudiro, kunjungan kerja rombongan dari Slovakia kali ini dimaksudkan untuk meninjau secara langsung fasilitas produksi dan berbagai produk Alpalhankam yang dimiliki PT Pindad.

“Terima kasih dan merupakan suatu kehormatan bagi kami mendapatkan kunjungan dari Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Slovakia. Saat ini, Pindad terus mencari hubungan strategis yang dapat mendukung serta meningkatkan kapasitas dan kompetensi baik di sektor pertahanan maupun industrial. Merupakan suatu kebanggaan apabila kami mendapat kesempatan untuk dapat menjalin hubungan baik dan komunikasi dengan Slovakia,” jelas Kemal Sudiro.

Mengakhiri kunjungan, Direktur Utama PT Pindad memperlihatkan berbagai produk kendaraan khusus yang sudah dihasilkan PT Pindad meliputi Ranpur Anoa 6x6, Ranpur Pandur 6x6, Medium Tank Harimau hingga Ranops Maung MV3 4x4.

BACA JUGA: Manfaatkan Lahan Kosong, Kodim 0707/Wonosobo Sukses Panen Perdana Buah Melon

Editor: Emhade Dahlan