News

Tomat Hilang yang Dipanen di Angkasa Akhirnya Ketemu, Begini Penampakannya

Dua tomat kecil yang hilang di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 2022 ditemukan kembali, ungkap NASA pada Desember 2023. Foto: NASA

MAGENTA -- Kita akhirnya mendapatkan gambaran tomat luar angkasa NASA yang hilang. Hal yang mengejutkan, ternyata tomat tersebut ada dua.

NASA merilis rekaman dua tomat kecil yang hilang pada 2022 setelah astronaut Frank Rubio memanennya di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Penemuan kebetulan di kompleks enam kamar tidur tersebut menunjukkan kepada kita bagaimana kelembapan 17 persen di dalam pesawat memengaruhi makanan di dalam kantong klip itu.

Scroll untuk membaca

Rubio awalnya berniat menyimpan tomat itu untuk sementara.

BACA JUGA: Doa Iftitah dalam Sholat Lengkap dengan Latin dan Artinya

“Meskipun hampir setahun setelah hilangnya tomat itu, buah tersebut ditemukan dalam kantong plastik dalam keadaan dehidrasi dan sedikit terjepit,” tulis pejabat NASA, Kamis (14/12/2023), dilansir Live Science, Sabtu (16/12/2023).

Ia tidak mengungkapkan lokasi pasti penemuan tersebut. "Selain beberapa perubahan warna, tidak ada pertumbuhan mikroba atau jamur yang terlihat," katanya.

Rubio sebelumnya hanya menyinggung satu tomat yang hilang. Menurut NASA, tomat ditanam sebagai bagian dari eksperimen Sistem Uji eXposed Root On-Orbit atau XROOTS pada 2022 (bukan VEG-05 pada 2023, seperti yang diberitakan oleh liputan media sebelumnya.)

BACA JUGA: Menguak Misteri Crop Circle, Benarkah Bikinan Alien?

Eksperimen ini menggunakan teknik hidroponik dan aeroponik untuk menanam tanaman tanpa tanah atau media pertumbuhan lainnya. Uji coba ini dapat memberikan solusi yang sesuai untuk sistem tanaman yang diperlukan untuk misi eksplorasi ruang angkasa di masa depan.

Meskipun penemuan ini merupakan momen yang menggembirakan bagi Rubio, NASA menambahkan tujuan sebenarnya menanam makanan di ISS adalah untuk mempraktikkan teknik yang dapat digunakan selama eksplorasi bulan dan Mars di masa depan. Ada lebih dari satu eksperimen yang bertujuan menyediakan makanan segar bagi para astronaut.

VEG-05 sedang menguji produksi tomat kerdil dan makanan lainnya. Sedangkan Planet Habitat-03 yang lebih baru adalah salah satu studi tanaman multi-generasi pertama di stasiun luar angkasa yang dapat membantu peneliti menilai apakah adaptasi genetik dalam satu generasi tanaman tumbuh di ruang angkasa dapat berpindah ke ruang berikutnya.