News

Wah, 95 Persen Milenial dan Gen Z di AS Pilih Nge-game daripada Nonton Film

Bermain gim online. Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Bermain gim online. Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto

MAGENTA -- Bagi generasi Milenial dan Gen Z tampaknya video gim lebih menarik daripada film.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, kedua generasi ini menghabiskan lebih banyak waktu bermain gim di konsol daripada menonton film layar lebar.

BACA JUGA: Disebut Tiga Kali dalam Alquran, Delima Bisa Mengobati Banyak Penyakit

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

.

Menurut laporan Gaming YPulse, 95 persen Generasi Z dan Milenial yang disurvei bermain video gim. Sebanyak 78 persen dari mereka melakukannya setiap pekan atau lebih sering.

Oleh karena itu, bermain gim tetap menjadi aktivitas yang sangat populer di kalangan anak muda. Beberapa bahkan menghabiskan lebih banyak waktu bermain video gim di konsol daripada menonton film.

Dikutip di Malay Mail, Dalam sampel sekitar 1.500 orang Amerika berusia 13 hingga 39 tahun yang disurvei pada November 2022, responden mengatakan mereka menghabiskan tujuh jam sepekan bermain gim di konsol. Sedangkan waktu yang mereka habiskan untuk menonton film adalah enam jam sepekan.

BACA JUGA: Tak Rela Firaun Bertaubat, Malaikat Jibril Sumpal Mulut Firaun dengan Lumpur

Meskipun film tampaknya tidak memikat anak muda, TV tetap menjadi perhatian Generasi Y dan Z. Mereka menghabiskan rata-rata delapan jam sepekan untuk menonton acara dan serial.

Melihat lebih dekat pada temuan tersebut mengungkapkan Generasi Z lebih tertarik bermain video gim di komputer daripada para tetua Milenial mereka. Milenium lebih cenderung menonton film daripada bermain video gim di komputer. Masing-masing mengalokasikan enam jam dan lima jam untuk aktivitas ini.

Ini tidak terjadi pada Gen Z, yang mencurahkan jumlah jam yang sama untuk aktivitas ini (masing-masing enam jam). Perhatikan bahwa ini adalah cerita yang berbeda ketika bermain video gim di konsol, yang lebih populer di kalangan anak muda. Rata-rata tujuh jam per minggu untuk Gen Z dan Milenial memainkan gim konsol.

BACA JUGA: Google Diskusikan Penggunaan AI untuk Menulis Berita dengan Sejumlah Media

Meski televisi jauh dari kata mati bagi anak muda, namun faktanya hobi ini sering diselingi dengan kegiatan lain. Faktanya, laporan TV dan Hiburan YPulse menunjukkan 71 persen anak muda melakukan tugas lain sambil menonton TV, seperti bermain gim online.

Platform konten online telah memahami dengan jelas daya tarik video gim bagi kaum muda. Untuk terus mengabadikan waktu online mereka, Netflix telah mengembangkan banyak gim di platformnya.

TikTok, pada bagiannya, menarik selera penggunanya untuk bermain gim berkat filter interaktifnya, belum lagi siaran langsung yang, seperti di Twitch, memungkinkan pengguna internet mengikuti aksi pemain gim secara langsung.

BACA JUGA:

Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

Benarkah Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati Keturunan Tionghoa?

Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan

Pernah Ditanya Soal Perbedaan Waktu Hari Raya, Ini Jawaban Buya Hamka

Kamu Perlu Tahu, Istilah dalam Dunia Lari