Gaya Hidup

Kebun Raya Bogor Ajak Masyarakat Berdonasi Lewat Event Lari di Kebun

Charity Fun Run 5K 'Keliling Kebun' di Reindwart Avenue, Kebun Raya Bogor, Sabtu (28/9/2024). Foto: Kebun Raya Bogor

MAGENTA -- Sebagai pusat konservasi tumbuhan yang juga berfungsi sebagai tempat eduwisata keanekaragaman hayati Indonesia, Kebun Raya Bogor sukses menyelenggarakan Charity Fun Run 5K 'Keliling Kebun', pada Sabtu, 28 September 2024 di Reindwart Avenue, Kebun Raya Bogor.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Kebun Raya Bogor dengan public figure Anjasmara Prasetya dan Diah Palupi. Event ini menargetkan 600 peserta. Peserta hanya membayar Rp 300 ribu untuk bisa membantu masyarakat NTB dan NTT sekaligus mendapatkan bonus sehat setelah keliling kebun. 

Anjasmara Prasetya, Diah Palupi dan Kebun Raya Bogor tergerak menggalang dana lewat kegiatan ini untuk membantu masyarakat di dalam penyediaan air bersih di desa-desa yang membutuhkan di NTB dan NTT.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Kamu Perlu Tahu, Istilah dalam Dunia Lari

Melalui Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia), seluruh pemasukan dari kegiatan ini akan digunakan untuk membangun fasilitas air bersih berupa sumur bor atau instalasi jalur distribusi air bersih di NTB dan NTT.

Anjasmara mengatakan, hal ini dilatar belakangi oleh banyaknya masyarakat dengan keterbatasan air bersihdi NTB dan NTT. Mereka menghadapi tantangan besar akibat kurangnya akses air bersih. Setiap hari, mereka bersama warga lainnya harus berjuang membeli atau antre berjam-jam untuk mendapatkan air, sering kali dengan menempuh jarak jauh, rute tidak aman, dan biaya tambahan.

“Oleh karena itu, kami berkolaborasi dengan Kebun Raya Bogor, menginisiasi kegiatan Charity Fun Run 5K “Keliling Kebun,” ujar Anjasmara.

BACA JUGA: Nekat Merokok Saat Lari Marathon, Pelari 52 Tahun Ini Didiskualifikasi

General Manager Kebun Raya Bogor Andreas F Kindangen menambahkan, dalam kegiatan ini peserta akan menikmati area Green Village, yaitu sebuah race village yang terletak di area garis finish, dirancang untuk memberikan pengalaman menyenangkan bagi peserta lari.

"Di sini, para pelari dapat bersantai sambil menikmati berbagai hiburan dan mengikuti kelas edukasi tentang tumbuhan. Kombinasi unik antara kesenangan, makanan dan pembelajaran ini memastikan pengalaman yang berkesan dan memperkaya bagi semua peserta,” ujar Andreas.

Setelah mengikuti lari 5K, peserta disuguhkan hiburan musik yang uplifting dan fun, menciptakan suasana yang membuat peserta bisa berdansa dan menikmati kesegaran Kebun Raya Bogor.

Selain Anjasmara Prasetya dan Diah Palupi, hadir pula guest star lainnya yaitu Okan Cornelius dan Putu Sutha. Bukan hanya berlari, Putu Sutha bernyanyi untuk menghibur para peserta. Tak hanya itu, peserta lari juga dihibur oleh penampilan live music dari pionir DJ kaset Pemuda Sinar Mas dan live music dari Mozza dan Miracle Entertainment. Kegiatan di Green Village ini, juga dinikmati oleh pengunjung Kebun Raya Bogor.

BACA JUGA: Duh, Gegara Gagal Lari 5 Km dalam 30 Menit, Perusahaan Ini Pecat Karyawannya