Mengenal Zat Asam Terkuat di Dunia, Bisa Melarutkan Tubuh Manusia

Sains  
ilustrasi zat kimia di laboratorium (sumber foto max pixel)
ilustrasi zat kimia di laboratorium (sumber foto max pixel)

MAGENTA -- Kalau kita sedang belajar kimia di sekolah, pasti kita akrab dengan pembahasan asam dan basa. Dalam kehidupan sehari-hari pun sebenarnya hidup kita tak jauh-jauh dari asam dan basa.

Beberapa zat asam cukup aman sehingga pemilik rumah dapat menggunakannya. Contohnya asam muriatik. Asam muriatik adalah asam klorida (HCl) dengan kemurnian rendah. Karena kemurniannya yang rendah, asam muriatik dirancang untuk digunakan sebagai pembersih rumah tangga. Asam muriatik cukup berbeda dengan asam klorida meskipun simbol kimianya sama-sama HCl. Asam klorida bersifat asam kuat dan korosif, sementara asam muriatik tidak.

Selain itu, ada pula zat asam yang terlalu kaustik dan korosif untuk ditangani oleh siapa pun. Apa yang terjadi ketika Anda mencampur dua asam kuat yang korosif? Anda mendapatkan zat yang sama sekali lebih kuat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Contohnya, ketika jumlah yang sama dari asam hidrogen fluorida (HF) dan antimon pentafluorida (SbF5) digabungkan, hasilnya terlalu luar biasa untuk diabaikan. Anda akan mendaparkan superasam terkuat yang dikenal manusia yakni asam fluoroantimonat, alias HSbF6.

Apa itu Asam Flouroantimonat?

Asam fluoroantimonat adalah cairan tidak berwarna dengan uap beracun. Asam ini bisa menimbulkan keadaan fatal jika tertelan atau terhirup, dan dapat menyebabkan luka bakar yang parah jika terkena kulit.

Sifat korosifnya adalah bagian dari mengapa zat itu termasuk jajaran teratas dalam kelompok asam yang disebut superacids atau superasam.

Dalam sebuah artikel di howstuffwork, superasam adalah setiap kategori asam kuat dengan keasaman lebih besar dari asam sulfat. Saking kuatmya, superasam tidak dapat diukur menggunakan skala pH atau pKA biasa. Sebaliknya mereka diukur menggunakan fungsi keasaman Hammett (ditulis sebagai H0) atau fungsi khusus lainnya sebagai pengganti skala pH standar. H0 asam fluoroantimonat adalah -21. Sebagai perbandingan, H0 asam sulfat adalah 12.

Sebagai perbandingan, asam fluoroantimonat adalah 20x1019 (20 triliun) kali lebih kuat dari asam sulfat murni.

Asam fluoroantimonat akan melarutkan kaca, sebagian besar plastik, setiap senyawa organik (termasuk tubuh manusia) dan akan meledak dalam air. Jika Anda penasaran ingin mencampurkan sedikit saja asam fluoroantimonat ke dalam sebotol air untuk melihat apa yang terjadi, itu sangat beracun dan berbahaya. Percobaan ini bukan eksperimen untuk kelas sains SMP Anda. Sebaiknya diserahkan kepada profesional di bidang teknik kimia dan kimia organik.

Kekuatan super yang sebenarnya dari asam fluoroantimonat adalah protonasi, atau pemberian proton pada senyawa organik. Protonasi mengubah sifat kimia suatu zat seperti massa, kemampuan larut dalam air (kelarutan), dan reaksi ketika dicampur dalam air (hidrofilisitas). Itu berarti asam fluoroantimonat sangat membantu ahli kimia dalam membuat reaksi kimia.

Asam fluoroantimonat juga digunakan untuk mengetsa kaca, meningkatkan kualitas bensin dengan menaikkan tingkat oktan, membuat plastik dan merekayasa bahan peledak seperti granat.

Asam fluoroantimonat adalah asam terkuat dan salah satu yang paling korosif. Namun, para ahli mengatakan bahwa dalam beberapa hal, asam fluorida masih yang paling berbahaya. Mengapa? Karena Anda lebih mungkin menemukan beberapa obat-obatan, produk pembersih, dan herbisida yang mengandung asam fluorida. Sementara untuk mendapatkan asam fluoroantimonat jauh lebih sulit bagi rata-rata orang biasa.

Jika Anda menggunakan asam super, terutama asam fluoroantimonat, bersiaplah untuk mengenakan beberapa alat pelindung diri (APD) bahan kimia yang serius, termasuk respirator dan kacamata pelindung.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

The alchemist

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image