700 Juta Ton Karbondioksida Bisa Dikurangi Jika Kita Bersepeda Setiap Hari

Gaya Hidup  
Warga mengayuh sepeda di jalan kawasan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Ahad (8/5/2022). Foto: ANTARA/Siswowidodo
Warga mengayuh sepeda di jalan kawasan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Ahad (8/5/2022). Foto: ANTARA/Siswowidodo

NEW YORK -- Penelitian terbaru menunjukkan dunia bisa mengurangi hampir 700 juta ton polusi karbon setiap tahun — lebih dari emisi tahunan Kanada — jika setiap orang mengadopsi cara hidup orang Belanda dan bersepeda setiap hari.

Sektor transportasi saat ini menyumbang seperempat dari semua emisi gas rumah kaca terkait bahan bakar. Emisi ini yang menghangatkan planet ini.

Setengah dari emisi tersebut berasal dari mobil penumpang. Permintaan transportasi di seluruh dunia diperkirakan akan meningkat tiga kali lipat pada pertengahan abad ini. Saat ini, pemerintah dan industri telah beralih ke kendaraan listrik, dengan 6,75 juta unit terjual pada 2021 saja.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Penjualan kendaraan dilacak dan dipublikasikan setiap tahun. Namun, sulit menghitung produksi dan kepemilikan teknologi rendah karbon yang jauh lebih tua: sepeda. Sebuah tim peneliti internasional telah mengumpulkan dataset global pertama tentang kepemilikan dan penggunaan sepeda oleh negara sejak awal 1960-an, menggunakan pemodelan statistik untuk mengisi kesenjangan informasi.

Mereka menemukan antara 1962-2015, produksi sepeda global melampaui produksi mobil. China menyumbang hampir dua pertiga dari lebih dari 123 juta sepeda yang diproduksi pada 2015.

Menulis di jurnal Communications Earth and Environment, tim menunjukkan kepemilikan sepeda umumnya lebih tinggi di negara-negara berpenghasilan tinggi dan menengah ke atas – tetapi begitu juga persentase perjalanan yang dilakukan dengan mobil. Artinya, kepemilikan sepeda yang tinggi tidak serta-merta menyebabkan penggunaan sepeda yang tinggi.

Di antara 60 negara yang termasuk dalam kumpulan data, pangsa penggunaan sepeda untuk perjalanan hanya lima persen. Beberapa negara, hanya kekurangan stok sepeda, sementara yang lain dengan kepemilikan sepeda yang tinggi, seperti Amerika Serikat, cenderung melihat bersepeda lebih sebagai kegiatan rekreasi daripada moda transportasi.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image